Jumat, 12 Oktober 2012

Contoh Wacana bahasa Indonesia

JUDUL : LIBURAN YANG MENYENANGKAN

Di hari minggu yang cerah aku dan teman temanku memulai aktifitas pagi ini dengan sedikit berolahraga sebelum memulai perjalanan kami ke pantai Ujung Genteng Sukabumi. Perjalanan yang lumayan jauh kira-kira akan menempuh waktu perjalanan sekitar 4 jam itu tentunya akan sangat menguras energi kami semua.Karena itu selesai berolahraga kami pun mandi untuk menyegarkan badan dilanjutkan dengan sarapan guna memberi karbohidrat untuk badan kami.Rombongan kami ini berjumlah sekitar 8 orang, sehingga tidak kesulitan mencari kendaraan karena pada kami terdapat empat buah sepeda motor.Kami memulai perjalanan dari rumah teman kami di Bogor sekitar pukul 5 pagi.

Tujuan perjalanan kami hari ini tentunya pantai Ujung Genteng itu sendiri.Kami tiba di sana kira-kira pukul 08.30 pagi dan kebetulan sekali setibanya di sana kami adalah orang yang pertama sehingga kami dapat memilih tempat yang lebih bagus untuk kami dirikan kemah darurat dan menyimpan semua perlengkapan kami. Sebuah rencana yang sangat matang telah kami susun. Acara rekreasinya kami kemas sedikit lebih lain dari biasanya.

Setelah beres membuat kemah, saya pun berinisiatif untuk berenang di pantai.Sungguh teriknya panasa matahari dapat terobati dengan berenang di pantai tersebut dan serasa semua beban pikiran yang ada pun bisa hilang.Kami pun membagi tugas, setiap 1 jam sekali kami pun bertukar tempat karena harus ada yang berjaga di kemah karena semua barang-barang kami ada disana, tentunya tidak mungkin kami semua dapat meninggalkan kemah begitu saja disaat bermain.Giliranku setelah puas bermain di pantai saatnya untuk menjaga kemah, sungguh suasana yang pas disaat menjaga kemah aku pun membuat secangkir kopi panas dengan menggenggam rokok mild ditanganku sambil mendengar lagu rege kesukaanku disertai melihat pemandangan pantai yang indah.Sungguh saat-saat yang menyenangkan yang tidak dapat tergantikan dengan apapun.

Tanpa terasa matahari pun makin ke barat, jam pun sudah menunjukan pukul 5 sore.Sunggu pemandangan yang indah sekali melihat sunset di tempat ini.Sampai akhirnya matahari pun sudah benar-benar pergi ke peraduannya, kami pun bersiap untuk membuat api unggun kecil-kecilan, karena malam ini kami akan menginap di pantai ini sebelum esok paginya kami pulang.Saat api sudah menyala kami pun membuka perbekalan kami, dilanjutkan dengan makan bersama.Selesai makan kami pun istirahat sejenak sambil saling bercerita masalah kehidupan yang kami jalani satu sama lain / dengan kata lain biasa orang-orang sebut "sharing", yang berarti kami saling menceritakan keadaan / masalah yang kami hadapi kepada teman-teman yang lain untuk dapat dicari jalan keluarnya bersama-sama.

Dingin malam pun makin terasa dan ombak laut pun terasa menghujam begitu kencang.Ini menandakan kami harus segera beristirahat untuk kembali bersiap pada esok hari melakukan perjalanan pulang di esok hari.Sampai pada ayam jantan berkokok dan matahari mulai menunjukan sinarnya kami pun bersiap untuk pulang.Sungguh liburan tanpa modal yang menyenangkan :P.